Integrasi Sistem Keuangan

Juni 13, 2007 pukul 9:17 am | Ditulis dalam Isu Sentral | 1 Komentar

Kovergensi kegiatan usaha bank dengan kegiatan usaha lembaga keuangan non bank merupakan salah satu fenomena sistem keuangan saat ini. Fenomena lain dari sistem keuangan adalah kompetisi yang semakin tajam antar bank dan akan lebih tajam antara bank dengan lembaga keuangan non bank. Meningkatnya kompetisi dan konvergensi dipengaruhi terutama oleh faktor teknologi yang mendobrak batas-batas geografis dan hambatan fungsional. Bank umum dan perusahaan sekuritas misalnya telah melakukan ekstensifikasi usaha mereka masing-masing sehingga secara perlahan mengaburkan batas pemisah jenis kegiatan usaha tertentu dari kedua lembaga keuangan ini. Semua ini tidak terlepas dari pengaruh globalisasi ekonomi dan perdagangan internasional.

Globalisasi ekonomi dan perdagangan internasional telah menghilangkan batas-batas tradisional kedaulatan negara dalam sistem keuangan. Modal tidak lagi memiliki “bendera nasional”, dana mengalir dari satu negara ke negara lain secara cepat, bergerak melewati batas-batas negara. Globalisasi juga dapat diartikan sebagai semakin terintegrasinya pasar modal dan pasar uang yang secara populer disebut dengan konsep Global Village. Bank dan lembaga keuangan lainnya dalam sistem keaungan terlibat dalam proses restrukturisasi secara luas. Dalam proses ini seluruh lembaga keuangan dipaksa untuk bersikap pro-aktif dalam melaksanakan perubahan dan diharuskan melakukan antisipasi terhadap perkembangan-perkembangan baru dengan cara menyusun rencana sesuai dengan perkembangan baru tersebut.

Di Amerika Serikat, pemisahan antara kegiatan usaha bank umum dan perusahaan sekuritas dilakukan sebagai jawaban terhadap gelombang kebangkrutan bank yang melanda negara tersebut yang disebabkan oleh stagnasi ekonomi pada tahun 1930-an dengan memberlakukan Glass-Steagall Act. Pemisahan yang ditetapkan oleh undang-undang ini mendapat tantangan banyak pihak. Pihak yang setuju dengan pemisahan berargumentasi bahwa pemisahan yang ditentukan oleh undang-undang tersebut menciptakan industri perbankan yang kuat dengan alasan bahwa keterlibatan bank umum pada kegiatan investasi dapat merusak prinsip kehati-hatian dan kepercayaan masyarakat, sehingga menyebabkan terjadinya kehancuran pasar modal dan kebangkrutan bank yang kemudian disusul dengan depresi ekonomi pada tahun 1929.

Akan tetapi, penelahaan ulang yang dilakukan atas legislative history Glass-Steagall Act menunjukkan bahwa alasan tersebut ternyata hanyalah mitos. Sebenarnya, penyebab kehancuran pasar modal dan kebangkrutan industri perbankan adalah kesalahan Federal Reserve Bank (FRB) karena memberikan pinjaman murah kepada industri perbankan. Hasil penelahaan ulang ini dengan sendirinya menghilangkan secara signifikan landasan Glass-Steagall Act dalam memisahkan kegiatan bank umum dan perusahaan sekuritas. Oleh karena itu garis pemisah antara kegiatan usaha bank umum dan perusahaan sekuritas harus dihilangkan. Perdebatan mengenai hal ini untuk sementara berakhir dengan dikeluarkannya Gramm-Leach-Bliley Act (GLBA) sebagai pengganti Glass-Steagall Act pada 12 November 1999. GLBA hanya memperbolehkan financial building company (FHC) sebagai bagian dari bank holding company melakukan kegiatan keuangan baru termasuk merchant banking. Namun demikian GLBA tidak sepenuhnya menghilangkan dinding pemisah antara perdagangan dan banking di Amerika Serikat. Sejumlah kegiatan usaha non bank yang boleh dilakukan BHC melalui FHC memang telah diperluas, tetapi banyak diantaranya hanya dapat dilaksanakan oleh perusahaan subsidiary.

Suatu hal yang masih tetap menimbulkan pertanyaan besar adalah siapa yang menanggung beban tanggung jawab apabila suatu bank gagal karena kegiatan usahanya di pasar modal. Untuk itu dibutuhkan perluasan regulasi dan pengawasan untuk mencakup kegiatan baru tersebut.***

 

Pancoran, Jakarta

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Selamat kami ucapkan atas kehadiran situs ini yang memuat kajian-kajian tentang perbankan dan perdagangan internasional. Semoga dengan adanya situs Zulkarnain Sitompul ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, Amin !!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: